Senin, 10 Mei 2010

Yamaha Xeon 125

Yamaha Xeon - Salah satu teknologi yang begitu diunggulkan Yamaha pada Yamaha Xeon terbarunya adalah blok silinder dengan material diasil dan forget piston. Keduanya diklaim mampu meningkatkan reliability Yamaha Xeon, hingga akhirnya PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) berani memberikan garansi hingga 5 tahun untuk dua komponen ini.

“Sekarang yang konsumen cari bukan hanya irit. Percuma kalau irit tapi komponennya tidak awet. Malah jadinya lebih boros karena harus keluar dana besar untuk penggantian komponen,” ungkap M. Abidin, Manager Technical Department Service Division PT YMKI.

Sebelumnya dua komponen ini sudah dipakai di Yamaha Vixion dan Jupiter MX. Dan kali ini untuk pertama kalinya di pakai pada tipe skutik. Keunggulan diasil silinder adalah kekuatan permukaanya yang tidak mudah baret.

Sedang forget piston, piston yang dibuat dengan sistem tempa diklaim lebih ringan karena berbahan alumunium dan mampu melepas panas dengan cepat. “Bila dibandingkan dengan piston konvensional, suhunya bisa 20 sampai 30 derajat lebih rendah pada kondisi mesin bekerja,” lanjut Abidin.

“Sudah dilakukan tes hingga 50 ribu kilometer dan belom ada keausan. Padahal dengan teknologi piston dan blok silinder konvensional, biasanya baru 10 ribu kilometer sudah ada baret dan suara berisik di blok silinder,” jelasnya menutup obrolan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar